Saturday, October 27, 2012

Pengujian Sifat Mekanik Papan Partikel


1.  Uji Keteguhan Elastis (Modulus of Elasticity)
Pada penelitian ini modulus of elasticity diuji berdasarkan kemampuan benda uji menahan tegangan vertical menggunakan Universal Testing Machine Zwick Roell tanpa terjadi perubahan bentuk yang tetap.  Prosedur pengujiannya: 1) contoh uji disiapkan dengan ukuran 50 mm x 200 mm, 2) contoh uji diletakkan secara mendatar pada penyangga yang berjarak 150 mm, 3) beban diberikan pada bagian pusat contoh uji dengan kecepatan 10 mm/menit hingga contoh uji patah.  Nilai MOE dapat dihitung dengan rumus:
Keterangan:          ΔB  : selisih beban (B1 – B2) yang diambil dari kurva (N)
                             S    : jarak sanggah (mm)
                             ΔD : defleksi (mm) yang terjadi pada selisih beban (B1 – B2)
                             L    : lebar contoh uji (mm)
                             T    : tebal contoh uji (mm)

2.  Uji Keteguhan Patah (Modulus of Rupture)
Modulus of rupture adalah kemampuan papan menahan beban hingga patah.   Pengujian modulus of rupture menggunakan alat Universal Testing Machine Zwick Roell.  Prosedur pengujiannya: 1) contoh uji disiapkan dengan ukuran 50 mm x 200 mm, 2) contoh uji diletakkan secara mendatar pada penyangga yang berjarak 150 mm, 3) beban diberikan pada bagian pusat contoh uji dengan kecepatan 10 mm/menit hingga contoh uji patah.  Nilai MOR dihitung dapat dengan rumus:
Keterangan:          B : beban sampai patah (N)    
                                    S : jarak sanggah (mm)              
                                    T : tebal contoh uji (mm)
                                    L : lebar contoh uji (mm)

 Pada gambar diatas merupakan alat uji papan partikel yang sekaligus menguji 2 parameter yaitu
uji MOE dan uji MOR.
3.  Uji Keteguhan Rekat Internal (Internal Bond)
Pengujian internal bond menggunakan alat Universal Testing Machine Zwick Roell.  Prosedur pengujian: 1) contoh uji berukuran 50 mm x 50 mm direkatkan pada dua buah blok logam dengan menggunakan perekat epoxy dan dibiarkan mengering selama 24 jam, 2) kemudian kedua blok logam ditarik tegak lurus dengan kecepatan 2 mm/menit sampai beban maksimum (contoh uji rusak).  Nilai keteguhan rekat internal dihitung dengan rumus:
Keterangan:          IB : keteguhan rekat internal (N/mm2)
                             B  : beban maksimum (N)
                                    P  : panjang contoh uji (mm)
                                    L : lebar contoh uji (mm)

 Alat pada gambar diatas merupakan alat uji Internal Bond atau keteguhan rekat pada papan partikel.
jika anda membutuhkan file lengkapnya berikan komentar anda di bawah sertakan dengan alamat email anda
saya akan mengirim filenya ke alamat email anda.
semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.....

17 comments:

  1. saya amat berminat untuk membuat satu kajian berdasarkan kajian ini.
    azlanzismail93@gmail.com

    ReplyDelete
  2. mas tolong donk,,,,saya butuh banget data itu...lissutrisno@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. We are a gaggle of volunteers and starting a new scheme in our community.

    Your site offered us with helpful information to work on.

    You have performed a formidable activity and our whole community
    will be thankful to you.

    My blog: refinishing hardwood floors

    ReplyDelete
  4. Hello There. I found your blog the usage of msn.
    That is an extremely neatly written article. I will be sure
    to bookmark it and return to learn more of your helpful info.

    Thanks for the post. I'll definitely comeback.

    Feel free to surf to my website ... tattoo removal cream reviews

    ReplyDelete
  5. Hey there! Do you know if they make any plugins to protect
    against hackers? I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on.
    Any tips?

    Feel free to visit my site diarrhea remedies

    ReplyDelete
  6. Tertarik Dengan Pengembangannnya
    dp.upg0411@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Keren, boleh saya uji coba dilab pak?
    faizeinstein22@gmail.com
    Thanks...

    ReplyDelete
  8. sy akan membuat penelitian ttg papan partikel disertai dengan pengujian ye. sehingga sy butuh lebih lengkap referensi ini.. terima kasih
    erwand160@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Assalaamu'alaikum mas..
    Mohon share dong filnya.. :)
    hendikurniawan123@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Saya punya bahan baku limbah serbuk kayu berlimpah,dimana saya bisa dapatkan mesin pembuat papan partikel??

    ReplyDelete
  11. mas minta file lengkapnya
    email jokerb89@gmail.com

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum, mas. penelitian ini dilakukan di unsri ya ? saya juga ada penelitian mengenai papan partikel tapi terhambat di bagian uji mekanis mas. mohon infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon infonya mas.
      email ihsanzul13@gmail.com

      Delete
  13. Assalamualaikum mas
    Saya akan membuat penelitian ttg papan partikel, butuh referensi ini bnget mas, kalo ada link video cara uji sifat mekanis papan partikel dg UTM, share juga dong mas,,
    Mohon bantuannya mas dan makasih juga mas
    windiraalpadinasir97@gmail.c

    ReplyDelete
  14. Halo, saya Helena Julio dari Ekuador, saya ingin berbicara tentang Layanan Pendanaan Le_Meridian tentang topik ini.Le_Meridian Layanan Pendanaan memberi saya dukungan keuangan ketika semua bank di kota saya menolak permintaan saya untuk memberi saya pinjaman 500.000,00 USD, saya mencoba semua yang saya bisa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank saya di sini di Ekuador tetapi mereka semua menolak saya karena kredit saya rendah tetapi dengan rahmat Tuhan saya jadi tahu tentang Le_Meridian jadi saya memutuskan untuk mencoba mengajukan permohonan pinjaman. dengan insya Allah mereka memberi saya pinjaman 500.000,00 USD permintaan pinjaman yang ditolak bank-bank saya di sini di Ekuador, sungguh luar biasa melakukan bisnis dengan mereka dan bisnis saya berjalan dengan baik sekarang. Berikut adalah Email Investasi Pendanaan Le_Meridian / Kontak WhatsApp jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari mereka.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.comWhatsApp Contact: + 1-989-394-3740.

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum mas
    Saya akan membuat penelitian ttg papan partikel, butuh referensi ini mas, share juga mas Contact lab tempat pengujiannya mas..
    Mohon bantuannya mas trims. budi.istana@gmail.com

    ReplyDelete