Tuesday, August 16, 2011

Tractor, Bajak, dan Garu

Dalam tulisan-tulisan ilmiah abad ke-19, bahasan mengenai pengolahantanahagaknya bertitik tolak dari pandangan ini. Timbul banyak pertanyaan dengan carabagaimana kesuburan tanah dapat ditingkatkan. Paling tidak dalam setengah abad pertama dari abad ke-20, terdapat dua pendekatan utama dalam penelitian-penelitian mengenai pengolahan tanah. Kelompok ilmuwan pertama mulai dengan mempertanyakan tentang kondisi tanah yang bagaimana yang cocok untuk pertumbuhan tanaman. Sementara kelompok kedua mempermasalahkan tentang cara terbaik untuk mengolah tanah. Kelompok pertama memperoleh jawaban antara lain bahwa pengolahan tanah dapat memperbaiki ketersediaan (availability) air dan udara di dalam tanah ; sementara kelompok kedua menemukan jawaban bahwa dengan pembajakan yang dalam dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembajakan yang dangkal. Kedua pendapat ini masing-masing mempunyai kelemahan. Pada pertengahan abad ke-20 berbagai upaya dicoba untuk menggabungkan kedua pendekatan ini yaitu dengan mempelajari hubungan sebab akibat dari pengolahan tanah dan produksi tanaman Telah diketahui bahwa pengolahan tanah dapat merubah dan atau memperbaiki struktur tanah serta memberantas gulmaaspek fisik tanahnya saja. Yang pasti bahwa memberantas gulma akan memberikan keuntungan bagi pertumbuhan tanaman.
Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa penelitian-penelitian mengenai pengolahan tanah terbagi dalam dua aliran, yaitu aliran yang memberikan penekanan pada pengendalian gulma dan aliran yang memberikan penekanan pada perbaikan struktur tanah. Terlepas dari ada tidaknya pengaruh pengolahan tanah pada produksi tanaman, pengolahan tanah sampai kini tetap saja dilakukan petani paling tidak untuk mempermudah pekerjaan berikutnya.

Traktor pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan yang mempunyai daya penggerak sendiri, minimum mempunyai sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta menggerakan alat/mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan ukuran traktor, maka traktor pertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu traktor besar, traktor mini dan traktor tangan.


1. Traktor besar
Traktor besar dicirikan sebagai traktor yang mempunyai dua buah poros roda (beroda empat atau lebih), panjangnya berkisar 2650 – 3910 mm, lebar berkisar 1740 – 2010 mm dan dayanya berkisar 20 – 120 HP. Jenis traktor ini harganya sangat mahal sehingga petani masih belum mampu untuk memiliki secara perorangan. Disamping itu penggunaannyapun kurang efisien mengingat bentuk petakan sawah yang relatif kecil. Traktor ini banyak dijumpai pada perusahaan-perusahaan perkebunan yanng mempunyai areal yang luas dan modal yang cukup besar.

2. Traktor mini

Traktor ini merupakan traktor yang mempunyai dua buah poros roda (beroda empat), sesuai dengan namanya maka ukuran traktor ini relatif lebih kecil, yaitu mempunyai panjang berkisar 1790 – 2070 mm, lebar berkisar 995 – 1020 mm, berat 385 – 535 kg, dan daya berkisar 12,5 - 20 HP.

Pada elemennya traktor jenis ini digerakkan oleh motor diesel dua silinder atau lebih, mempunyai 6 kecepatan (versneling) maju, dan 2 kecepatan mundur, yang dibedakan menjadi 4 macam kecepatan rendah (termasuk kecepatan mundur) dan 4 macam kecepatan tinggi (termasuk kecepatan mundur). Kecepatan kerja berkisar antara 0,94 – 4,79 km/jam dan kecepatan transport antara 7,54 – 13,31 km/jam.


Nama : KRT 140 PTO

Tipe : Mesin Diesel Pendingin Air 4-Langkah Horisontal

Kategori : Tractor Diameter x

Langkah : mm x mm

Jml Silinder : 1 Tenaga

Kontinyu : 12.5/2400 HP/rpm

Isi Silinder : CC Torsi

Maksimum : 5.0/1600 Kg.m/rpm

Tenaga Maksimum : HP/rpm

Penyeimbang : Sistem

Pembakaran : TVCS

Jenis BBM : SOLAR

Starter : Double Starter

Arah Putaran : Sistem Pelumas : Isi Pendingin : 2 Lt Pemakaian BBM : gr/HP.Jam Isi Pelumas : 2.8 Lt

SistemPendingin : Radiator

Jenis Minyak Pelumas : Berat : Kg Isi Tangki BBM : 11 Lt Lampu : V:W/W

Traktor jenis ini sudah dilengkapi dengan PTO (power take off), three point hitch (tiga titik penggandengan/sistem mounted). Pada umumnya konstruksi traktor mini tidak banyak berbeda dengan traktor besar, perbedaannya hanya terdapat pada dayanya saja. Traktor jenis ini banyak dimiliki oleh petani.

3. Traktor tangan

Hand Traktor Quick G1000


Hand Traktor
Spesifikasi :
Perlengkapan yang disertakan : Roda Besi Standard, Roda Karet, Bajak Singkal (Luku), Garu, Gelebeg
• Traktor Tangan
- Merk/Model QUICK/G 1000
- Kecepatan 1 maju
- Sistim Transmisi (Chain - Gear)
- Sistim Penggerak (Kopling Utama) V Belt (2 buah)
- Sistim Pembelok (Kopling Kemudi) Dog cluth
- Isi Minyak Pelumas 5,5 liter
- Dimensi Traktor P, 2730 mm. L, 1140 mm. T, 1370 mm
- Berat 300 Kg (Berat Traktor termasuk Roda Besi dan Diesel. Apabila menggunakan roda karet berat = 250 Kg)
• Tenaga Penggerak
- Merk KUBOTA
- Type 4 langkah
- Model RD 85 DI-1
- Tenaga Rata-rata 7,5 / 2200 HP / RPM
- Tenaga Maxsimum 8,5 / 2400 HP / RPM
- Bahan Bakar Solar
- Sistim Starting Engkol
- Sistim Pendingin Radiator
- Isi Bahan Bakar 9,5 ltr
- Isi Minyak Pelumas 2,4 ltr
- Berat 86 kg
- Sistim Lampu dengan IC Regulator
• Perlengkapan Tambahan yang dapat dibeli (terpisah)
- Bajak Parabola
- HITCH II
- Roda Besi Bertapak Lebar
- Roda Besi Bertapak Panjang


Traktor tangan merupakan traktor pertanian yang hanya mempunyai sebuuah poros roda (beroda dua). Traktor ini berukuran panjang berkisar 1740 – 2290 mm, lebar berkisar 710 – 880 mm dan dayanya berkisar 6 – 10 HP. Sebagai daya penggerak utamanya menggunakan motor diesel silinder tunggal. Pengolahan tanah sawah dengan menggunakan Hand Tractor pada umumnya dilakukan dalam 2 tahap yaitu pengolahan primer (membajak) dan pengolahan sekunder (menggaru). Pekerjaan membajak dan menggaru dapat dilakukan lebih dari satu kali hingga sawah siap tanam, tergantung pada kondisi tanahnya dan kebiasaan wilayah setempat.

Mengenal Traktor Roda Empat

Traktor roda empat mempunyai kisaran daya motor penggerak yang besar. Traktor yang biasa digunakan di taman/kebun mempunyai daya sekitar 11 kW (15 hp). Traktor ini di pasaran biasa disebut traktor mini atau traktor kebun. Traktor raksasa yang biasa digunakan di perkebunan yang luas mempunyai daya sampai 150 kW (200 hp). Namun begitu, biasanya traktor roda empat yang biasa digunakan mempunyai daya antara 30 – 60 kW (40 - 80 hp).Berdasarkan jenis rodanya, traktor dapat digolongkan menjadi:

1. Traktor satu gardan (two wheel-drive tractor/rowcrop tractor)

Traktor satu gardan banyak digunakan di perkebunan kecil yang membudidayakan tanaman larikan seperti; kentang kobis. Traktor ini mempunyai sudut putar yang kecil, lebar roda tipis dan jarak antar roda kiri dan kanan dapat diatur. Umumnya daya yang digunakan tidak terlalu besar, sekitar 22 – 33 kw (30 – 45 hp).

2. Traktor beroda track

Traktor beroda trac banyak digunakan di perkebunan yang luas atau di perkebunan yang masih baru, yang lahannya belum tertata. Daya penggerak yang biasa digunakan antara 52 – 110 kW (70 – 150 hp). Traktor ini tidak bisa digunakan di jalan raya, hanya digunakan pada kebun yang satu e kebun yang ain. Kecepatan jalannya rendah, namun mempunyai daya tarik yang tinggi dan dapat digunakan pada kondisi ahan yang berat. Karena lebar rodanya besar maka daya tumpu ke tanah menjadi kecil, sehingga traktor ini dapat digunakan pada lahan yang lembek tanpa takut tenggelam.

3. Traktor dobel gardan (two wheel-drive tractor)

Dibanding dengan traktor satu gardan, traktor dobel gardan mempunyai daya tarik yang lebih besar. Karena masih menggunaka roda ban, traktor ini masih dapat berjalan di jalan raya. Maka banyak pemilik perkebunan memilih traktor jenis ini

Ada dua tipe dari traktor dobel gardan,

a. Traktor dengan roda depan lebih kecil dari roda belakang, daya yang digunakan antara 33 – 67 kW (45 – 90 hp)
b. Traktor dengan roda depan sama besar dengan roda belakang, daya yang digunakan antara 75 – 150 kw (100 – 200 hp)

Pengendali/kontrol traktor roda empat

Pengendali adalah indikator, saklar, tuas dan pedal yang digunakan untuk mengendalikan jalannya traktor. Untukmempermudah jalannya operasional, traktor roda empat ada banyak tuas kendali. Pengendali yang ada pada traktorroda empat dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

Indikator dan saklar pada dashboard, antara lain:

1. Kunci kontak (saklar utama)
Pada kunci kontak ada 4 gerakan putar, yaitu

· OFF (mati), Pada posisi ini, aliran arus listrik terputus (bukan mematikan motor traktor). Untuk traktor model terbaru, posisi ini juga dapat mematikan traktor.

· Preheat, Pada posisi ini, pemijar pada setiap silinder ruang pembakaran akan membara, sehingga akan memanaskan ruang pembakaran. Tujuannya agar motor traktor mudah dihidupkan pada saat mulai dihidupkan.

· ON (hidup), Pada posisi ini, aliran arus listrik tersambung

· START, pada posisi ini arus listrik dari accu tersambung ke motor stater.

2. Saklar lampu depan

Berfungsi untuk menyalakan lampu depan. Saklar lampu ada yang hanya ada satu posisi hidup, ada juga yang mempunyai dua posisi hidup (lampu jauh dan lampu dekat).

Bajak Singkal

Ditulis oleh Benidiktus Sihotang, STP

Bajak singkal merupakan peralatan pertanian untuk pengolahan tanah yang digandengkandengan sumber tenaga penggerak/penarik seperti tenaga penarik sapi, kerbau atau traktor pertanian. Bajak singkal berfungsi untuk memotong, membalikkan, pemecahan tanah serta pembenaman sisa-sisa tanaman kedalam tanah, dan digunakan untuk tahapan kegiatan pengolahan tanah pertama. Bajak singkal dirancang dalam beberapa bentuk untuk tujuan agar diperoleh kesesuaian antara kondisi tanah dengan tujuan pembajakan. Aneka ragam rancangan yang dijumpai selain pada bentuk mata bajak, juga di bagian perlengkapannya.

Bagian-bagian bajak singkal:

1) Mata bajak atau pisau bajak

Bagian bajak singkal yang berfungsi untuk memotong tanah dan mengarahkan lempengan tanah hasil pemotongan ke bagian daun singkal.



2) Daun singkal

Daun singkal bagian yang menerima lempengan tanah dan membalik serta memecahkan lempengan tanah tersebut.

3) Pelurus samping

Pelurus samping berfungsi menahan tekanan samping dari lempengan tanah pada bajak singkal dan menjaga kestabilan jalannya bajak singkal sewaktu proses pembajakan

4) Rangka bajak singkal

Rangka bajak singkal yang menyatukan bagian-bagian bajak dan penyambung ke sumber penggerak.

5) Penggandeng

Bagian dari bajak singkal yang menggandengkan bajak dengan traktor pertanian.

6) Pengatur kedalaman pengolahan tanah

Pengatur kedalaman berbentuk ulir pengatur atau roda pengatur, untuk mengontrol kedalaman hasil pembajakan tanah.

7) Poros silang

Poros silang berbentuk batang kendali merupakan bagian dari bajak singkal yang berfungsi mengatur daun singkal sehingga dapat mengatur lebar hasil pembajakan dan mengatur arah lemparan tanah pada arah yang berlawanan.

Berdasarkan arah lemparan lempengan tanah, bajak singkal dibedakan menjadi dua tipe, yakni :

· Bajak singkal satu arah adalah jenis bajak singkal dimana pada waktu mengerjakan pengolahan tanah akan melempar dan membalik tanah hanya dalam satu arah. Lemparan atau pembalikan tanahnya biasanya dilakukan ke arah kanan.

· Bajak singkal dua arah adalah jenis bajak singkal dimana pada waktu mengerjakan pengolahan tanah, arah pelemparan atau pembalikan tanahnya dapat diatur dua arah yaitu ke kiri maupun ke arah kanan. Jenis bajak ini mempunyai mata bajak yang kedudukannya dirancang untuk dapat diputar ke kanan ataupun ke kiri dengan cepat, sesuai dengan arah pelemparan ataupun pembalikan tanah yang dikehendaki. Penggunaan bajak singkal dua arah mempunyai beberapa kelebihan akan menghasilkan pembalikan tanah yang seragam untuk seluruh petak tanah yang diolah, praktis untuk pengolahan tanah sistem kontur dari hasil kerjanya tidak akan berbentuk alur mati (dead-furrow) ataupun alur punggung (back-furrow), sehingga pembajakan dapat teratur dan rata. Namun kelemahannya adalah konstruksinya lebih berat dan lebih rumit, untuk ukuran bajak yang besar perlu dilengkapi sistem hidrolis untuk pemutaran mata bajaknya, perlu keterampilan yang lebih baik dari pengemudinya.

Jika ingin file lengkapnya dalam bentuk pdf..kirim saja email ke jonesmansidabutar@ymail.com ntar langsung dikirim...gratis..








40 comments:

  1. Howdy very cool web site!! Guy .. Beautiful .. Wonderful
    .. I'll bookmark your web site and take the feeds additionally? I am happy to seek out a lot of helpful information here within the publish, we need work out extra strategies on this regard, thanks for sharing. . . . . .

    Feel free to visit my website How To Detox Your Body
    My page :: how To detox your Body

    ReplyDelete
  2. When some one searches for his vital thing, thus he/she needs to
    be available that in detail, thus that thing is maintained over here.


    my page www.Youtube.Com

    ReplyDelete
  3. Ahaa, its pleasant conversation regarding this article at this place at this web site,
    I have read all that, so at this time me also commenting here.



    my web-site ... refinishing hardwood floors

    ReplyDelete
  4. I just couldn't depart your site prior to suggesting that I really loved the standard information an individual provide to your guests? Is gonna be again steadily to check up on new posts

    Here is my web page Dry scalp treatments

    ReplyDelete
  5. Hey there! I know this is kinda off topic
    however , I'd figured I'd ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa?
    My blog discusses a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other.

    If you happen to be interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Excellent blog by the
    way!

    My blog post - coconut oil for hair

    ReplyDelete
  6. Do you have a spam problem on this blog; I also am a blogger, and I was wanting to know
    your situation; we have created some nice methods and
    we are looking to exchange solutions with others, why not
    shoot me an email if interested.

    my weblog refinishing hardwood floors

    ReplyDelete
  7. What's Going down i'm new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely helpful and it has aided
    me out loads. I'm hoping to give a contribution & help different users like its helped me. Great job.

    my site; Diaper Rash Remedies

    ReplyDelete
  8. Why users still use to read news papers when in this technological world all is existing on web?


    Also visit my homepage ... Unknown

    ReplyDelete
  9. Wonderful blog! Do you have any suggestions for aspiring writers?
    I'm planning to start my own website soon but I'm a little lost
    on everything. Would you advise starting with a free platform
    like Wordpress or go for a paid option? There are so many choices out there that I'm totally confused .. Any tips? Thank you!

    My web page ... Unknown

    ReplyDelete
  10. Hey there just wanted to give you a brief heads up and let you
    know a few of the images aren't loading correctly. I'm not sure why but
    I think its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.

    Here is my homepage ... Wallinside.Com

    ReplyDelete
  11. Hello, I do believe your website could possibly be having
    web browser compatibility problems. When I look at your website in Safari, it looks fine however when opening in
    I.E., it has some overlapping issues. I
    merely wanted to give you a quick heads up! Apart from that, wonderful site!


    Also visit my web page - Http://Margerybxxlwy.Healthkicker.Com/772722693/Dry-Scalp-Remedies-And-Natural-Cures

    ReplyDelete
  12. Hello to all, how is the whole thing, I think every one is getting more
    from this web page, and your views are good for new people.


    Also visit my web-site - izettamos.revelife.com

    ReplyDelete
  13. Howdy! This post couldn't be written much better! Looking at this post reminds me of my previous roommate! He continually kept talking about this. I most certainly will send this post to him. Pretty sure he will have a great read. Thanks for sharing!

    Also visit my website download 7zip

    ReplyDelete
  14. Hello, its good paragraph about media print, we all be familiar with media is a impressive source of facts.


    Here is my web-site - Unknown

    ReplyDelete
  15. This is very fascinating, You're an overly skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to looking for more of your fantastic post. Additionally, I have shared your website in my social networks

    Here is my weblog lovelyish.hk

    ReplyDelete
  16. I have read so many posts about the blogger lovers but this article is genuinely a good piece of writing, keep it up.


    Here is my website - Unknown

    ReplyDelete
  17. When I originally commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now each time a comment is added I get three emails with the same
    comment. Is there any way you can remove people from
    that service? Thanks!

    My blog: Unknown

    ReplyDelete
  18. Hi! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There's a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Many thanks

    Feel free to visit my website :: stretch marks

    ReplyDelete
  19. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog
    that automatically tweet my newest twitter updates.
    I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    my page; dragonvale cheats

    ReplyDelete
  20. I believe that is among the most significant
    info for me. And i'm satisfied studying your article. However want to observation on few common things, The web site style is ideal, the articles is actually nice : D. Excellent task, cheers

    Here is my webpage: diaper rash home remedies

    ReplyDelete
  21. Good answer back in return of this issue with firm arguments and
    explaining the whole thing about that.

    Feel free to surf to my blog ... Generateur de Code PSN

    ReplyDelete
  22. Thanks for one's marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you're a great author.
    I will make certain to bookmark your blog and
    may come back sometime soon. I want to encourage one to continue your great writing, have a nice evening!


    Feel free to surf to my blog :: Microsoft Office Gratuit

    ReplyDelete
  23. I am really inspired with your writing abilities and also
    with the layout on your blog. Is that this a paid theme or did you modify it yourself?

    Anyway stay up the nice quality writing, it is rare to see
    a great blog like this one these days..

    Also visit my website; The Interlace

    ReplyDelete
  24. Woah! I'm really loving the template/theme of this blog. It's simple, yet effective.
    A lot of times it's challenging to get that "perfect balance" between user friendliness and visual appearance. I must say that you've done a excellent job with this.
    Also, the blog loads super fast for me on Safari. Superb Blog!


    Look into my website ... candy crush saga Hack

    ReplyDelete
  25. It is appropriate time to make a few plans
    for the longer term and it's time to be happy. I've read this
    publish and if I may just I wish to recommend you some interesting issues or tips.
    Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I want to learn more things about it!

    Here is my blog post: dragon city cheat engine

    ReplyDelete
  26. I like the valuable information you provide in your articles.
    I will bookmark your weblog and check again here frequently.
    I'm quite certain I will learn plenty of new stuff right here! Good luck for the next!

    Here is my blog post - Psn Code Generator

    ReplyDelete
  27. Howdy! I could have sworn I've been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it's
    new to me. Nonetheless, I'm definitely happy I found it and I'll be
    bookmarking and checking back frequently!

    Look into my homepage :: league of legends Hack

    ReplyDelete
  28. I all the time used to read article in news papers but now as I am a user
    of internet therefore from now I am using net for articles, thanks to web.


    Feel free to surf to my page: how to jailbreak A Ps3

    ReplyDelete
  29. Hi, i believe that i noticed you visited my weblog
    so i came to return the choose?.I am trying to in
    finding things to improve my website!I guess its good enough to use
    a few of your ideas!!

    Feel free to surf to my web site: pirater un compte facebook

    ReplyDelete
  30. I hardly comment, but i did some searching and wound up
    here "Tractor, Bajak, dan Garu". And I actually do have a couple of questions for you if
    it's allright. Could it be simply me or does it look like a few of these remarks appear as if they are coming from brain dead folks? :-P And, if you are posting on other places, I'd like
    to follow anything new you have to post. Would you make
    a list of every one of your shared pages like your twitter
    feed, Facebook page or linkedin profile?

    my web page how to jailbreak a ps3

    ReplyDelete
  31. I all the time used to study piece of writing in
    news papers but now as I am a user of web therefore
    from now I am using net for articles or reviews, thanks to web.


    My webpage Jailbreak 3.56 Ps3

    ReplyDelete
  32. That is a really good tip especially to those new to the blogosphere.
    Brief but very accurate info… Thanks for sharing this one.
    A must read post!

    Feel free to visit my web-site; Jailbreak software ps3

    ReplyDelete
  33. It's amazing to visit this site and reading the views of all colleagues on the topic of this article, while I am also eager of getting experience.

    Here is my homepage; Code Psn Gratuit

    ReplyDelete
  34. Simply wish to say your article is as surprising. The clearness to your publish is simply spectacular and that i can think you are an expert on
    this subject. Fine together with your permission allow me to seize your RSS feed
    to stay up to date with forthcoming post. Thank you a million
    and please carry on the gratifying work.

    Look into my web blog :: Psn Code Generator

    ReplyDelete
  35. Hey there! I understand this is kind of off-topic however I had to ask.

    Does running a well-established blog like yours
    take a large amount of work? I'm brand new to running a blog but I do write in my diary on a daily basis. I'd like to start a blog so I can easily share my personal experience and feelings online.
    Please let me know if you have any suggestions or tips for brand new aspiring blog owners.
    Appreciate it!

    my page; usb ps3 jailbreak

    ReplyDelete
  36. Positive site, where did u come up with the information on this posting? I'm pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what additional posts you include. Perguruan Tinggi Kristen di Tangerang

    ReplyDelete
  37. Halo, saya Helena Julio dari Ekuador, saya ingin berbicara tentang Layanan Pendanaan Le_Meridian tentang topik ini.Le_Meridian Layanan Pendanaan memberi saya dukungan keuangan ketika semua bank di kota saya menolak permintaan saya untuk memberi saya pinjaman 500.000,00 USD, saya mencoba semua yang saya bisa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank saya di sini di Ekuador tetapi mereka semua menolak saya karena kredit saya rendah tetapi dengan rahmat Tuhan saya jadi tahu tentang Le_Meridian jadi saya memutuskan untuk mencoba mengajukan permohonan pinjaman. dengan insya Allah mereka memberi saya pinjaman 500.000,00 USD permintaan pinjaman yang ditolak bank-bank saya di sini di Ekuador, sungguh luar biasa melakukan bisnis dengan mereka dan bisnis saya berjalan dengan baik sekarang. Berikut adalah Email Investasi Pendanaan Le_Meridian / Kontak WhatsApp jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari mereka.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.comWhatsApp Contact: + 1-989-394-3740.

    ReplyDelete
  38. Really usefull article, i hope I can use this for refrence, Thank You... serviced office jakarta selatan , pembuatan pt dan virtual office

    ReplyDelete
  39. Keep posting like those amazing posts, this is really awesome.

    https://www.jubileecdc.org/

    ReplyDelete